Sedih, Flora dan Fauna Tanah Air Masih Dipandang dari Sisi Ekonomi Semata

By Redaksi 23 Nov 2017, 20:46:00 WIB | dibaca: 725 Kota Bogor

Sedih, Flora dan Fauna Tanah Air Masih Dipandang dari Sisi Ekonomi Semata

Keterangan Gambar : Sekretaris Utama LIPI, Dr. Siti Nuramaliati Prijono


BOGORnews.com ::: Indonesia dengan ribuan pulau memiliki karateristik yang cukup unik,  baik flora maupun faunanya. Ini berbanding jauh dengan flora dan fauna yang ada di daratan Amerika atau Afrika,  dimana jenisnya tidak terlalu banyak namun dengan populasi yang cukup banyak.

"Hal ini menyebabkan keanekaragaman Hayati di Indonesia  cukup tinggi baik flora dan faunanya dan rentan dijual-belikan,"ujar Sekretaris Utama LIPI, Dr. Siti Nuramaliati Prijono kepada Bogornews. com usai Seminar dalam memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN)  2017 di Gedung Kusnoto, Kota Bogor,  Kamis (23/11/2017).

Sayangnya, lanjut Siti, bangsa ini masih belum aware terhadap kelestarian tumbuhan dan binatang yang ada. Kita masih lebih memikirkan nilai ekonominya dibandingkan upaya kelestarian alam.

"Tak heran jika tumbuhan dan binatang yang ada di Indonesia laku di pasar internasional. Selama laku di pasaran maka diburu terus menerus tiada henti tanpa diberi kesempatan bagi tumbuhan dan binatang untuk tumbuh dan berkembang biak. Terutama binatang, lagi trend saat ini dijadikan binatang peliharaan atau pet, "ujarnya.

"Kalau tumbuhan dan binatang tidak diberi kesempatan untuk berkembang biak, maka bisa punah. Manusia juga akan mendapatkan dampaknya sebab siklus ekosistemnya sudah  rusak,"imbuhnya.

"Fungsi ekosistem harus dijaga  untuk melindungi keanekaragaman Hayati dan kekayaan spesies yang ada di dalamnya. Dengan menjaga keanekaragaman hayati dapat mengendalikan perubahan. Ekosistem dapat dikelola dan terjaga dengan baik melalui konsep penataan ruang dengan baik," pungkasnya *(Dimas Ferry)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

MDB Radio - Download Now!



Yukk Cari Reseller / Penjual Terdekat dengan tempat tinggal anda. Klik / Cari Disini

Iklan Bogor News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video
+ Produk Lainnya

PRODUK TERKINI