Puskesmas Gang Kelor Berikan Pelatihan Dokcil di SDN Cilendek 4

By Redaksi 09 Mar 2019, 16:14:16 WIB | dibaca: 381 Pendidikan

Puskesmas Gang Kelor Berikan Pelatihan Dokcil di SDN Cilendek 4

Keterangan Gambar : Petugas Puskesmas Gang Kelor Kecamatan Bogor Barat Siswa Siswi SDN Cilnendek 4



infoBOGOR ::: Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Gang Kelor Kecamatan Bogor Barat mengadakan pelatihan dokter kecil (Dokcil) kepada 20 siswa  sekolah dasar (SD) negeri Cilendek 4. Pelatihan tersebut  bertujuan guna mewujudkan sekolah sehat dengan perilaku hidup bersih dan sehat.

"Pelatihan dokter kecil ini merupakan program tahunan guna menyediakan fasilitas kesehatan di sekolah. Diharapkan Dokcil bisa berperan aktif mengatasi pertolongan pertama di lingkungan sekolah," ujar Dokter Umum Puskesmas Gang Kelor dr. Emma Fatimah saat ditemui di SDN Cilendek 4, Gang Cendana, kelurahan Cilendek Barat, sabtu (9/3/2019).

Pada pelatihan dokter kecil tidak hanya siswa melainkan guru pembimbing pun turut terlibatkan dalam pelatihan tersebut. Dirinya menjelaskan, bagi peserta  dokter kecil yang sudah dilatih diharapkan kedepannya dapat menularkan ilmunya dengan mengadakan penyuluhan kepada teman-temannya mengenai pentingnya membiasakan pola hidup sehat.

"Ada pun materi yang disampaikan oleh masing-masing tim Puskesmas Gang Kelor meliputi kesehatan gigi dan mulut oleh drg. Yanti Gracianti, P3K dan pemeriksaan kesehatan anak sekolah oleh Hafni Amsir, Amd.kep, Kesling dan jajanan sehat oleh Siti Juariah, prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) oleh Dyah Ratih, SKM serta pengenalan UKS dan Dokcil oleh saya sendiri," tutur Emma Fatimah.

Selain itu, dokter kecil ini nantinya akan membantu guru dan petugas kesehatan untuk berperan aktif dalam berbagai kegiatan peningkatan kesehatan. Contonya, membimbing temannya untuk melakukan pengukuran tinggi badan dan berat badan. Disamping itu dapat membantu petugas kesehatan dalam melaksanakan pelayanaan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) serta pengamatan kebersihan ruang UKS.

“Petugas Dokter Kecil (Dokcil) dapat membimbing promosi kesehatan di lingkungan sekolahnya seperti halnya kebersihan halaman sekolah, ruang kelas, persediaan air bersih, tempat cuci tangan, kamar mandi, tempat sampah, serta  pemberantasan sarang nyamuk,” bebernya.

Ditempat yang sama, kepala SDN Cilendek 4 Akhmad Askolani, S.Pd.M.Si mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh tim Puskesmas Gang Kelor.

"Ini merupakan bentuk kerja sama dalam bidang kesehatan di lingkungan sekolah. Selain memotifasikan pihak sekolah untuk mewujudkan sekolah bersih dan sehat tentunya diharapkan peserta didik senantiasa memahami begitu pentingnya bersikap dan berperilaku hidup sehat sejak usia dini," imbuhnya. (rls/boy)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

MDB Radio - Download Now!



Yukk Cari Reseller / Penjual Terdekat dengan tempat tinggal anda. Klik / Cari Disini

Iklan Bogor News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video
+ Produk Lainnya

PRODUK TERKINI