Pemkab Bogor Susun Perda Perlindungan Lahan Pertanian Abadi

By Redaksi 22 Feb 2019, 20:09:19 WIB | dibaca: 145 Kabupaten Bogor

Pemkab Bogor Susun Perda Perlindungan Lahan Pertanian Abadi

infoBOGOR :::   PPMKP - Kabupaten Bogor sebagai buffer zone ibukota menghadapi tantangan alih fungsi lahan pertanian yang pesat. Tercatat sekitar 1.000 hektare luas lahan pertanian yang ada di wilayah Kabupaten Bogor mengalami penyusutan terutama, dalam tiga tahun terakhir.sehingga diperlukan langkah – langkah strategis untuk mengatasinya. Demikian disampaikan Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan dalam wawancara khusus dengan Radio Pertanian Ciawi (RPC) disela – sela kegiatan Rebo Keliling (Boling) di Kecamatan Ciawi Rabu(20/2).

Wabup mengatakan lahan pertanian di diwilayahnya itu berkurang karena dialih fungsikan menjadi lahan industri atau perumahan. Wilayah yang alih fungsi lahannya pesat ada di wilayah Bogor I, Cibinong Raya, Cileungsi dan Gunung Putri.“ diwilayah – wilayah tersebut banyak dibangun perumahan – perumahan dan industri, imbasnya, lahan pertanian di sana semakin berkurang,“ ujarnya.

“Ini mengkhawatirkan karena jumlah penduduk di Kabupaten Bogor semakin meningkat. tentunya dibutuhkan juga pangan yang cukup dan dari jumlah penduduk sekitar 5,8 juta jiwa saat ini , 80% penduduk tinggal di pedesaan dan menggantungkan hidup dari pertanian, “ imbuhnya

Untuk mengatasi hal tersebut Wabup mengatakan mau tidak mau Pemkab Bogor sudah harus membuat aturan – aturan yang membatasi berkurangnya lahan pertanian dengan pengaturan kembali tataruang dan menyusun perda tentang sawah, yang akan melindungi lahan – lahan pertanian agar tidak terus menerus tergerus. Langkah lain menurut Iwan adalah dengan optimalisasi lahan tidur.

“Di Bogor masih ada banyak lahan tidur. Lahan yang dibeli lalu dibiarkan untuk investasi saja, “ tuturnya.

Kami menghimbau kepada para pemilik lahan tidur agar bisa dipinjamkan ke petani untuk bisa dimanfaatkan,“ lanjut Wabup

Iwan menambahkan, Ini tugas pemerintah memberikan himbauan dan bila perlu akan meminta Bupati untuk memberikan instruksi kepada pemilik lahan yang sudah membeli lahan hanya untuk investasi tanpa dimanfaatkan. Pemerintah bisa menjembatani petani dengan perusahaan atau perorangan yang memiliki atau menguasai lahan-lahan tidur tersebut.

“Ada peraturan yang sedang dirancang untuk pemanfaatan lahan tidur ini, “ Ujar wabup yang hadir dalam Boling mendampingi Bupati Ade Yassin. Rebo Keliling (Boling) adalah agenda Bupati dan Wakil Bupati Bogor untuk menjaring aspirasi dengan mendengar langsung keluhan masyarakat. Kegiatan dilaksanakan di setiap Kecamatan. Radio Pertanian Ciawi menyiarkan lngsung kegiatan tersebut dengan menghadirkan studio mini (OB Van). (PPMKP)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

MDB Radio - Download Now!



Yukk Cari Reseller / Penjual Terdekat dengan tempat tinggal anda. Klik / Cari Disini


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video
+ Produk Lainnya

PRODUK TERKINI