Mulyadi, Pembuat Kaligrafi dari Bambu

By Redaksi 11 Agu 2017, 22:03:21 WIB | dibaca: 778 Seni & Budaya

Mulyadi, Pembuat Kaligrafi dari Bambu

Keterangan Gambar : Pak Mulyadi Saat Membuat Kaligrafi Dari Bambu


BOGORnews.com ::: Banyak cara untuk mendapatkan uang dengan cara halal, asalkan ada kemauan yang keras. Hal ini di buktikan oleh Mulyadi (41), pembuat kaligrafi dari bambu.

Ditemui BOGORnews.com di galerinya di Komplek Menteng Asri RT 04/RW 11, ia bercerita awal mulainya membuat Kaligrafi dari bambu. Ia menuturkan idenya muncul secara tiba-tiba.

"Waktu saya melamun, saya melihat di tempat tinggal saya banyak batang  bambu berserakan. Akhirnya saya coba-coba buat Kaligrafi, ternyata hasilnya lumayan juga,"paparnya.

Semenjak itu lanjutnya,  ia coba serius. Hingga akhirnya bertahan hingga saat ini. Menurut Mulyadi, mengerjakan Kaligrafi dari bambu butuh ke telitian dan kecermatan.

"Sebab kita harus merangkai potongan-potongan bambu yang  ada. Kalau gak pas, susah juga.  Gak bisa dipaksakan. Pokoknya,  potong anya harus pas saja,"tuturnya.

Peralatan yang digunakan untuk. membuat Kaligrafi bambu ini sangat sederhana mulai dari gergaji, lem, kuas dan cat pernis. Tentu saja,  bambu yang menjadi bahan utamanya.

"Buat kaligrafi ini gak butuh banyak modal kok. Bambu banyak,  tuh tinggal ambil aja di kebun, " kata Mulyadi sambil menunjukan hamparan pohon bambu.

Untuk harga jual,  Mulyadi mematok harga bervariasi. Untuk ukuran kecil buat gantung kunci atau gantungan di dashboard mobil,  berkisar antara Rp 25 ribu-Rp 100 ribu/buah.

"Tergantung tingkat kesulitannya juga sih,"ujarnya.

Meskipun baru sebulan menjalanin bisnis ini,  pesanan sudah mulai berdatangan.  Saat ini ia sedang mengerjakan dua kaligrafi berbentuk semar.

Untuk harga, ia mematok harga kisaran Rp 1 jutaan. Untuk pengerjaannya,  dilakukan di sela-sela pekerjaan tetapnya sebagai seorang PNS di sebuah rumah sakit di Kota Bogor.

"Sekitar semingguan ngejainnya. Mulai dari potong-potong batang bambu,  merangkai dan mencatnya dengan pernis. Untuk vernis, buruk seharian mulai mengecat  dan mengeringkan." tuturnya.

"Saya tidak mau buru-buru,  soalnya ini karya seni. Butuh kesabaran dalam pengerjaannya." paparnya.

Nah,  Anda ingin memesannya dapat menghubungi Bapak Mulyadi di kawasan Komplek Menteng Asri. *(Dimas Ferry)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

MDB Radio - Download Now!



Yukk Cari Reseller / Penjual Terdekat dengan tempat tinggal anda. Klik / Cari Disini

Iklan Bogor News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video
+ Produk Lainnya

PRODUK TERKINI