Migrasi ke Cloud computing

By Tutang 25 Feb 2019, 13:57:59 WIB | dibaca: 110 Teknologi

Migrasi ke Cloud computing

infoBOGOR ::: Memasuki bulan Februari 2019 ini tidak sedikit perusahaan menengah ke bawah mulai mencoba memanfaatkan Cloud Computing sebagai server perusahaannya. Memang sebenarnya suah sejak bebera tahun lalu Cloud Computting atau komputasi awan sudah rame dan tidak sedikit perusahaan menengah dan besar migrasi dan meninggalkan server berbasis on premise. Karena juga menggunakan server on premise selain memerlukan biaya dan perawatan yang  juga terkait masalah listrik yang kadang tidak stabil. 

Cloud Computing atau komputasi awan adalah komputasi berbasis internet dimana semua layanan dapat digunakan atau di akses melalui internet. Secara teknis gabungan dari banyak server untuk menyediakan sumber daya agar dapat di manfaatkan bersama. Sumber daya bisa berupa aplikasi, storage, data dan lain lain. Sebenarnya sebagian teknologi ini sudah akrab dengan kita seperti layanan email, yahoo, plasa, google, hotmail, skydrive, google doc dan office Web app.

Layanan Cloud Computing harus dapat diakses dari mana saja, kapan saja dan alat apa saja seperti layanan email bisa di akses dari kantor, rumah, warnet menggunakan komputer, handphone atau tablet asalkan semua terkoneksi ke internet. Dengan layanan ini pelanggan dapat membeli atau berlangganan layanan sesuai dengan yang mereka butuhkan saat itu, dengan kata lain jika suatu hari terjadi peningkatan penggunaan, pelanggan dapat menambah paket layanan dan jika suatu hari kebutuhan menurun pelanggan juga dapat menurunkan paket langganannya, hal ini akan menghemat biaya pengeluaran pelanggan. Tentu yang di untungkan adalah pelanggan, mereka tidak perlu berinvestasi secara besar-besaran di depan, seperti harus membeli hardware, license, melakukan development, deployment dan juga maintenance, semua akan di lakukan oleh penyedia layanan Cloud Computing. Layanan ini juga sangat cocok untuk UMKM dan koperasi yang biasanya tidak mempunyai biaya IT yang terlalu besar, dengan biaya yang mereka miliki mereka sudah bisa menikmati sebuah layanan yang setara dengan perusahaan besar.

Setelah kita bicara pengertian umum cloud computing selanjutnya kita akan membahas secara teknis bagaimana cloud computing dibangun, teknologi apa yang di gunakan dan bagaimana melakukan manajemen dan kontrol. Hampir semua Cloud Computing dibangun dengan teknologi virtuliasai, dengan teknologi ini kita dapat memaksimalkan kinerja hardare secara maksimal. Yang biasanya hardware hanya bekerja sekitar 20% kita dapat memaksimalkannya menjadi 85% dengan begitu tentunya akan menghemat biaya pengeluaran IT. 

Saat ini Cloud Computing menjadi booming, lihat saja di situs-situs berita online operator-oprator seluler juga sudah mulai melirik bisnis ini, di samping perusahaan IT yang memang sudah berkecimpung di dunia ini terlebih dahulu. Dan tentunya kebutuhan untuk pekerja IT yang mempunyai kemampuan di bidang ini akan sanagt di butuhkan. Perusahaan besar yang tak ingin menempatkan data center mereka dipihak ketiga juga sudah mulai memikirkan teknologi ini dengan membuat sebuah private cloud sendiri, karena dengan ini mereka dapat menekan biaya oprasional IT mereka. -tutang





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

MDB Radio - Download Now!



Yukk Cari Reseller / Penjual Terdekat dengan tempat tinggal anda. Klik / Cari Disini


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video
+ Produk Lainnya

PRODUK TERKINI