KPRI Agro Humaniora Bagikan SHU, Koperasi Maju, Anggota Sejahtera

By Redaksi 18 Feb 2019, 16:12:39 WIB | dibaca: 314 Bogor

KPRI Agro Humaniora Bagikan SHU, Koperasi Maju, Anggota Sejahtera

Ciawi Bogor – PPMKP  ::::    Mengutip definisi koperasi dari berbagai sumber  Koperasi karyawan adalah sebuah koperasi yang berada di sebuah perusahaan atau instansi tertentu. Anggota koperasi ini adalah para karyawan dari perusahaan atau instansi tersebut. Tidak seperti koperasi sekolah, koperasi karyawan haruslah memiliki badan hukum dan terdaftar karena para anggota dan pengurusnya sudah dewasa dan paham mengenai hukum.  Koperasi sebenarnya bukanlah berasal dari Bahasa Indonesia, melainkan berasal dari Bahasa Inggris yakni Co – operation. Co berarti Bersama dan operation berarti usaha. Secara umum koperasi mempunyai pengertian usaha Bersama. Koperasi berbeda dengan bentuk usaha lainnya, karena yang lebih diutamakan adalah kesejahteraan anggota bersama. Jadi, bukan hanya pengurusnya yang sejahtera.  Adalah Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Agro Humaniora koperasi karyawan Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) yang semakin bersinar, semenjak kepengurusan yang baru di pertengahan tahun 2017, koperasi yang yang dikomandani oleh Winny Dian Wibawa ini terus melebarkan sayap mengembangkan usaha. Dari Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2018 yang diselenggarakan awal Februari lalu terungkap koperasi ini perlahan tapi pasti berhasil meningkatkan keuntungan dari berbagai usahanya yakni toko, simpan pinjam, catering dan lain – lain. Seiring meningkatnya keuntungan tentu meningkat pula Sisa Hasil Usaha (SHU) yang dibagikan  kepada 219 anggotanya. Inilah yang membuat seluruh anggota tersenyum lebar, mendapat uang kaget. Ya, menjadi anggota koperasi memang banyak manfaat yang didapat, setiap akhir tahun setiap anggota mendapat keuntungan yang di sebut SHU. Seperti dituturkan Rachmawaty yang merupakan anggota baru di Koperasi Agrohumaniora. Meskipun baru ia sudah bisa mendapat SHU kendati jumlahnya tidak sebesar anggota lama.

“Alhamdulillah, walaupun saya baru, tapi sudah dapat, jumlahnya sesuailah sama lamanya keanggotaan saya, “ ujarnya.

Pembagian SHU bersumber dari anggota, besar kecilnya SHU yang didapat setiap anggota tergantung aktif tidaknya anggota tersebut memanfaatkan keberadaan koperasi. SHU bukan satu – satunya manfaat dari menjadi anggota koperasi, manfaat lainnya ialah fasilitas pinjaman bagi anggotanya. Dituturkan Iyan yang sudah lebih dari lima tahun menjadi anggota  proses peminjaman di koperasi lebih gampang dibandingkan kredit ke bank atau lembaga lain. Mengapa lebih mudah? Dijelaskan Hendro Sasongko Bendahara KPRI Agro Humaniora karena data , keanggotaan sudah ada di pihak koperasi, maka tidak perlu lagi pihak koperasi melakukan survey.

“ Tapi dana maksimal yang boleh dipinjam biasanya lebih kecil ketimbang kredit bank, “ jelas Hendro.

Namun Hendro mengingatkan sebagai anggota  harus menghindari sikap tidak bertanggung jawab yang bisa memicu kerugian bersama, misalnya pinjam uang tapi tidak mau membayar.

“ Perlu diingat koperasi milik bersama seluruh anggota sehingga bila berhutang tidak membayar berarti berhutang ke seluruh anggota, “ imbuhnya.

Manfaat lain dari menjadi anggota koperasi kita bisa berbelanja kebutuhan sehari – hari di toko dengan harga yang relatif sama seperti toko- toko atau minimarket yang ada dan biasanya bagi anggota memiliki harga khusus atau relatif lebih murah dari pada non-anggota, sehingga itu menjadi nilai lebih yang ditawarkan dari koperasi. Namun selain harga khusus ada pula nantinya point yang akan dikumpulkan untuk mendapat hadiah yang ditukarkan. Karena itu, diperlukan kerja sama antar anggota. Tiap anggota harus saling membantu jika ada kesulitan.

Begitulah. Koperasi menawarkan sederet manfaat buat anggotanya, terutama yang aktif. Koperasi pada dasarnya dibentuk untuk tujuan baik. Hanya, segelintir orang bisa membelokkan arah koperasi menjadi tidak baik. Maju terus KPRI Agro Humaniora, Koperasi Maju, Anggota Sejahtera (PPMKP)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

MDB Radio - Download Now!



Yukk Cari Reseller / Penjual Terdekat dengan tempat tinggal anda. Klik / Cari Disini

Iklan Bogor News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video
+ Produk Lainnya

PRODUK TERKINI