Indonesia Memerlukan Banyak Animator

By Tutang 06 Mar 2019, 14:26:47 WIB | dibaca: 244 Teknologi

Indonesia Memerlukan Banyak Animator

Keterangan Gambar : Render farm Cluster up to 24 Nodes


InfoBOGOR ::: Saat ini dunia animasi semakin diminati dan saat ini tenaga dibidang ini masih relatif sedikit, tentu kalau hanya sekedar tahu animasi banyak. Tentu saja tenaga professional bidang animasi yang tidak banyak, sehingga mereka tidak akan kesulitan mencari lapangan pekerjaan. Tidak sedikit film animasi yang saat ini banyak diminati khususnya anak-anak, seperti Tayo, Nusa, Ipin-Upin, dan sebagainya masih mengandalkan impor, walaupun memang ada juga yang diproduksi di dalam negeri.

PPII (Pusat Pemanfaatan Inovasi IPTEK) LIPI akan menjalin kerjasama dengan BDI (Balai Diklat Industri), Depatemen Perindustrian, Denpasar, Bali, Imaji Animation Studio, Bogor dan beberapa universitas terkemuka terkait dengan pelaksanaan training dan pengembangan animasi. Diharapkan dengan adanya kerjasama ini akan lahir tenaga professional animasi dan dengan sedirinya stakeholder terkait tidak akan kesulitan kesulitan mencari tenaga professional animasi. Sebenarnya tenaga-temaga animasi yang bekerja di beberapa studio diluar banyak dri Indonesia, padahal di Indonesia sendiri masih memerlukan banyak tenaga animasi professional.

Saat ini banyak juga komunitas animasi di Indonesia, hanya mereka sangat kesulitan untuk proses rendernya, karena memerlukan komputer dengan software tertentu. Saat ini PPII-LIPI menyediakan HPC yang bisa digunakan untuk proses render tersebut. Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan HPC tersebut bisa menghubungi PPII LIPI, Jalan Raya Bogor KM 46, Cibnong 16911.

Pengertian Rendering

Dalam dunia animasi ada dua hal yang sering kita dengar, yaitu Rendering dan Render Farm. Render Farm adalah sebuah sistem komputer yang mempunyai kinerja tinggi, yang dibangun menggunakan teknik clustering computer dimana clustering computer adalah menumpuk komputer sebanyak-banyak untuk memaksimalkan kinerja dalam mengolah citra dan grafis yang ingin dihasilkan, terutama dalam mengolah animasi. Komputer tersebut dibuat untuk menjadikan CGI (Comuter Generated Imager), dan biasanya digunakan untuk produksi fil dan efek-efek visual seakan-akan menjadi nyata.

Sedangkan Rendering adalah suatu proses untuk mengubah model geometri menjadi suatu gambar, dalam melakukan proses tersebut biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama untuk rendering gambar photo-realistic. Untuk mengatasi hal tersebut Rendering Farm yang dijadikan sebagai salah satu alternative pilihan.

Yang tidak kalah pentingnya dalam proses render farm ini adalah Blender. Yaitu salah satu software multimedia yang canggih, sehingga dengan menggunakan software tersebut sebuah project animasi hingga selesai bisa menggunakannya. Dengan demikian Blender dapat digunakan untuk berbagai macam pengolahan digital.





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

MDB Radio - Download Now!



Yukk Cari Reseller / Penjual Terdekat dengan tempat tinggal anda. Klik / Cari Disini


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video
+ Produk Lainnya

PRODUK TERKINI