Buah Duku Dapat Lindungi Jantung Hingga Cegah Kanker

By Redaksi 09 Mar 2019, 07:43:11 WIB | dibaca: 118 Kesehatan

Buah Duku Dapat Lindungi Jantung Hingga Cegah Kanker

infoBOGOR ::: Siapa yang tak kenal dengan buah putih kecil dan imut ini? Selain rasanya enak, asam-asam manis menggoda, juga buah yang terkenal dari Palembang ini ternyata memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa yang tak banyak diketahui oleh banyak orang.

Perlu diketahui, duku adalah buah yang mengandung banyak nutrisi, vitamin, dan mineral yang sangat penting bagi tubuh. Pohon duku sendiri umumnya ditanam di negara-negara tropis terutama di negara-negara Asia Tenggara termasuk Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Kebanyakan orang tidak tahu jika buah duku dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang serius seperti demam, diare, malaria, maag, kembung, dan sengatan serangga. Selain itu, buah duku juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan metabolisme secara keseluruhan.

Berikut manfaat luar biasa buah duku bagi kesehatan, diantaranya : 

Kesehatan jantung

Buah duku memiliki serat tinggi yang penting guna menjaga kesehatan jantung. Jika Anda dapat mengonsumsi 100g duku, maka tubuh akan menerima 2g serat esensial. Selain itu, duku juga dapat menyeimbangkan diet Anda. Tak hanya menyehatkan jantung, duku juga mencegah sembelit.

Melindungi dan meningkatkan sistem saraf

Duku memiliki kandungan Vit B dan B2 yang tinggi. Buah duku sumber riboflavin yang diperlukan untuk mengubah karbohidrat menjadi energi yang membantu sistem saraf berfungsi dengan baik.

Mengontrol tingkat kolesterol tubuh

Buah duku ini mengandung niasin, senyawa organik yang penting untuk menyeimbangkan kolesterol tubuh. Ini dapat menetralisir kolesterol baik dan memiliki kemampuan untuk mengurangi kolesterol jahat. Pada akhirnya duku dapat membantu mencegah masalah jantung dan tekanan darah tinggi.

Mendukung pertumbuhan tulang, penglihatan yang baik, dan kualitas kulit

Buah duku juga kaya akan vitamin A, yang penting dalam menjaga kesehatan tulang, penglihatan yang baik, dan membuat kulit terlihat cerah. Tak hanya itu, duku juga meningkatkan kesehatan otak dan gigi yang kuat.

Mencegah kanker

Duku mengandung antioksidan yang dapat membantu menghilangkan tubuh dari paparan radikal bebas. Hal itu sangatlah penting, mengingat radikal bebas merupakan penyebab utama pembentukan kanker dalam tubuh. Selain itu, duku juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar gula darah untuk mencegah diabetes.

Akan tetapi meski kaya manfaat, ternyata duku juga memiliki dampak buruk ketika dikonsumsi secara berlebih dan berikut ini jika makan buah duku berlebih. Diantaranya :

Menambah masa tubuh

Tidak bisa dipungkiri, buah duku adalah buah yang mengandung karbohodrat tinggi, layaknya nasi. Sebagian orang menghindari konsumsi nasi karena nasi dianggap sebagai salah satu makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang bisa menambah berat badan. Itu berarti karbohidrat berlebih pada sebuah makanan bisa berdampak pada berat badan.

Maka dari itu, jangan mengonsumsi duku terlalu banyak sebab karbohidratnya yang tinggi bisa membuat ibu hamil terlalu gemuk dalam waktu cepat.

Menurut penelitian yang dilakukan di Swedia, semakin tinggi Indeks Massa Tubuh (BMI) seorang ibu hamil, maka semakin tinggi pula risiko bayi lahir prematur. Selain itu, sebuah studi yang dipublikasikan pada bulan Januari 2013 lalu menyebutkan 12 persen dari 1.100 anak yang terlahir dari Mama yang obesitas akan sering mengalami asma pada usia 14 bulan dibandingkan bayi yang terlahir dari Mama yang memiliki berat badan normal.

Menyebabkan maag

Jika ibu hamil muda memiliki riwayat penyakit maag, sebaiknya Mama mengawasi setiap makanan yang masuk ke tubuh ya! Hindari makanan yang susah dicerna dan mengandung gas. Dan dalam hal ini duku dikatakan sebagai makanan yang sulit dicerna oleh lambung.

Maka dari itu, makan duku sewajarnya saja, hindari konsumsi duku dalam porsi yang banyak sekaligus.

Risiko diabetes

Duku merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan fruktosa yang cukup tinggi. Maka jangan pernah mengonsumsi duku dalam jumlah banyak sekaligus karena bisa meningkatkan risiko diabetes.

Bayi yang lahir dari Mama dengan diabetes biasanya mengalami hipoglikemia sesaat setelah lahir karena tingginya kadar insulin yang diproduksi oleh tubuh bayi sendiri.

Hipoglikemia yang sangat berat dapat menyebabkan bayi kejang. Tak hanya itu, bayi dari Mama dengan diabetes juga lebih mungkin mengalami penyakit kuning setelah lahir.

Maka dari itu, ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes dianjurkan untuk konsumsi buah-buahan berserat seperti jeruk, jambu, pepaya, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa dampak buruk dari buah duku jika ibu hamil muda mengonsumsinya secara berlebihan. Meski lezat dan mudah di cari, namun buah yang satu ini ternyata menyimpan efek buruk saat dikonsumsi secara berlebih. (red)

Sumber : beberapa sumber





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

MDB Radio - Download Now!



Yukk Cari Reseller / Penjual Terdekat dengan tempat tinggal anda. Klik / Cari Disini


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video
+ Produk Lainnya

PRODUK TERKINI