Warga Kampung Sawah Gotong Royong Bangun TPU

By Redaksi 07 Jul 2018, 20:18:34 WIB | dibaca: 402

Warga Kampung Sawah Gotong Royong Bangun TPU




BOGORnews.com ::: KEMANG - Tradisi gotong royong masih mengakar kuat di tengah kehidupan masyarakat Sunda. Begitu pula yang terjadi pada warga Kampung Sawah, RW 7, Desa Bojong, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.

Warga yang perkampungannya bersebelahan dengan komplek Batalyon 14 Grup-1 Kopassus ini mewakafkan sebidang lahan untuk tempat pemakaman umum (TPU) seluas 2.000 m dan gotong royong membangun akses jalannya.

Ketua RW 7 Kampung Sawah, Agus Surahman mengatakan, adanya sumbangan tanah seluas 2.000 m untuk pengadaan lahan TPU menunjukkan tingginya komitmen warga setempat dalam bergotong royong.

"Tanah tersebut merupakan wakaf perorangan dari keluarga Bapak Fariz Dawiel, untuk membantu warga RW 7 agar tidak kesulitan saat ada yang wafat," kata Agus.

Selama ini biasanya warga setempat merujuk TPU Pulo, untuk pemakaman. Namun TPU tersebut sudah penuh, karena sudah berusia ratusan tahun dan digunakan warga dua kampung, yakni Kampung Sawah RW 6 dan Kampung Sawah RW 7, Desa Bojong.

Budaya gotong royong di Desa Bojong diperkuat lagi dengan kegiatan kerja bakti untuk membangun akses jalan menuju lokasi TPU tersebut.

"Setiap minggu kami menggelar kerja bakti, untuk membuka akses jalan sepanjang 500 m dan lebar 3 m. Kerja bakti rencana hingga beberapa minggu ke depan," ujar Agus.

Kerja bakti melibatkan lebih dari 40 orang warga setempat. Sejumlah pihak ikut andil dalam kegiatan ini, yakni Ketua RT 1, Sahoni,  Ketua RT 2, Maman, Ketua RT 3, Anas Maksum, dan Ketua RT 4, Jaya.

Selanjutnya, tokoh agama H. Nawawi, sesepuh Sunda Bah Nimang, Ketua Pemuda RW 7, Ayub Verdiansyah, Ketua LPM Desa Bojong, Bading, Kepala Desa Bojong, Asep Saefudin, dan perwakilan Batalyon 14 Grup-1 Kopassus, Jamiat.

Agus mengapresiasi tingginya semangat warga Desa Bojong dalam menjaga dan melestarikan budaya gotong royong. Hal tersebut cermin nilai-nilai adiluhung yang diajarkan leluhur Sunda masih lestari.

"Leluhur Sunda mengajarkan silih asih, silih asah dan silih asuh. Mesti bersama-sama baik dalam hal ibadah mahdhah kepada Allah, peduli sesama maupun pada alam," demikian Agus Surahman. (red)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Bigg Boss 12

    Video watch online Bigg Boss Season 12 21st September 2018 Full Episode 6 of Colors ...

    View Article
  • asep

    saya ingin jual ginjal saya karna saya butuh ke uangan yg sangan mendesah .. jika ...

    View Article
  • GBrozavetrov

    Мы предлагаем тебе стать сетевым предпринимателем ...

    View Article