Pangan Lokal Fiesta Dorong Kemandirian dan Ketahanan Pangan

By Redaksi 07 Nov 2018, 19:43:59 WIB | dibaca: 263

Pangan Lokal Fiesta Dorong Kemandirian dan Ketahanan Pangan




BOGORnews.com ::: Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) menggelar Pangan Lokal Fiesta, 7-9 Nop mber 2018 di Auditorium Sadikin Sumintawikarta, Kampus Pertanian,Cimanggu, Kota Bogor, Selasa (7/11/2018).

Pangan Lokal Fiesta digelar selain untuk melaunching model agroindustri pangan lokal, sekaligus mendiseminasikan inovasi Balitbangtan dalam pengembangan pangan lokal.

Kepala Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) Muhammad Syakir yang mewakili Mentan Andi Amran Sulaiman  dalam sambutannya berharap adanya inovasi-inovasi baru penganekaragaman pangan lokal.

"Dengan adanya penganekaragaman pangan lokal, bisa meningkatkan kemandirian dan ketahanan pangan nasional. Tentunya hal ini akan membuka gerbang komersialisasi produk pangan lokal untuk dapat dihilirisasi oleh pihak swasta di daerah potensial," ujarnya.

Gelaran Pangan Lokal Fiesta, lanjutnya, merupakan salah satu upaya penerapan inovasi untuk mengangkat pangan lokal potensial agar mampu menjadi alternatif substitusi terigu.

Pasalnya, ketergantungan masyarakat terhadap terigu terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini bisa dilihat dari kenaikan konsumsi terigu nasional yang terus meningkat. Dari 15,5 Kg/kapita/ tahun pada  tahun 2018 menjadi 25 Kg/kapita/ tahun. 

Tentu hal ini akan menjadi beban devisa negara akan meningkat mengingat bahan baku terigu yaitu gandum bukan bahan baku lokal dikembangkan di Indonesia. Padahal Indonesia sebagai negara terbesar kedua di dunia dalam keragaman hayati memiliki berbagai macam sumber  daya lokal yang bisa dikembangkan sebagai pangan pokok.

"Insha Allah, ke depan  Indonesia  bisa mandiri pangan berbasis pangan lokal dan mengurangi impor gandum secara signifikan. Dengan keragaman hayati yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, saya berkeyakin 2045 Indonesia bisa menjadi lumbung pangan dunia sekaligus menunjukan Indonesia tidak sekedar berbasis padi saja tapi berbasis pangan lokal lainnya." pungkasnya.

Dalam Pangan Lokal Fiesta, dilakukan promosi makan mie Nusantara bagi 1000 anak sekolah dan 400 tamu undangan. Mie Nusantara ini terbuat dari sagu,hanjeli, sorgum, jagung dan ubi kayu.

Tak hanya itu saja, ada juga talkshow  industrialisasi sumber karbohidrat lokal s bagai pengantin beras dan terigu dengan narasumber  anggota DPR, Kepala Balitbangtan, wakil bupati Maluku Utara dan pelaku industri pangan lokal.

Penandatanganan MOU, demo pengolahan umbi-umbian, Serealia, dan amber karbohidrat lainnya serta demo pengolahan untuk hidangan  dengan berbagai olahan pangan lokal seperti sagu, aorgum,ubi kayu, ubi kayu dan jagung. (DimasFery).






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. jasa seo terpercaya 08 Nov 2018, 21:48:47 WIB

    Infonya sangat bermanfaat. Makasih banget ya boss...

View all comments

Write a comment



Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • cecileko60

    Started up to date cobweb throw http://summer.ablogs.relayblog.com/?post.jordyn ...

    View Article
  • Jasa SEO Bergaransi

    Desain situsnya sangat menarik gan.... mantap sekali. https://perusahaanseo.weebly.com/ ...

    View Article
  • Saprudin

    Kemana yah pemkab ini blm ada respon ...

    View Article