Mulai Rabu Pelayanan Daftar Cetak E-KTP di Kecamatan

By Redaksi 03 Jul 2018, 15:58:36 WIB | dibaca: 690

Mulai Rabu Pelayanan Daftar Cetak E-KTP di Kecamatan

Walikota Bogor, Bima Arya Sidak Pelayanan E-KTP




BOGORnews.com ::: Wali Kota Bogor Bima Arya menginstruksikan agar pelayanan pendaftaran pencetakan E-KTP kembali dilakukan di masing-masing Kecamatan yang berlaku mulai, Rabu (04/07/2018) besok. Hal ini dilakukan untuk memudahkan warga dalam mendapatkan dokumen kependudukan E-KTP.

“Beberapa hari ini saya menerima keluhan dari warga yang mengantre cukup lama di Disdukcapil, kemudian tadi pagi saya cek ba’da shubuh memang antreannya panjang sekali, mungkin tadi ada hampir 1000 warga yang mengantre,” kata Bima seusai meninjau ke Kantor Disdukcapil Kota Bogor, Selasa (03/07/2018) siang. 

Dia menyebut rata-rata warga datang ke kantor Disdukcapil Kota Bogor ingin merekam dan mencetak E-KTP, kemudian E-KTP yang rusak dan perubahan data serta mengurus Kartu Keluarga (KK)“Tapi sebagian besar ingin mencetak E-KTP,” jelasnya.

Untuk itu ia langsung melakukan rapat briefing staf di Balaikota Bogor dan dikoordinasikan dengan Camat dan Lurah serta dinas terkait. Hasilnya, bagi yang ingin mencetak E-KTP silahkan datang langsung ke Kecamatan masing-masing, nanti di Kecamatan akan dilayani oleh petugas di Kecamatan untuk di cek ke Disdukcapil apakah E-KTP sudah siap dicetak atau belum siap di cetak, 

“Kalau sudah siap dicetak nanti akan dihubungi melalui telepon oleh petugas kapan bisa diambil, maksimal 14 hari kerja yang siap dicetak. Tetapi bagi yang belum siap dicetak ini berarti ada masalah dalam hal pendataan. Silahkan langsung mendatangi Disdukcapil Kota Bogor, nanti akan dilayani dan diberikan informasi lebih detail,” ujarnya.

Sementara itu bagi yang sudah siap dicetak akan dihubungi untuk diminta diambil di Kelurahan masing-masing. “Jadi tidak usah datang kesini lagi (Disdukcapil) dan ke Kecamatan tapi langsung di Kelurahan masing-masing,” jelasnya.

Ia meminta Disdukcapil Kota Bogor agar melayani warga lebih baik, mendahulukan lansia, ibu hamil dan ibu yang membawa anak kecil, serta sistem antreannya diperbaiki dengan jemput bola. “Mudah-mudahan setelah dipecah di Kecamatan antrean akan berkurang,” harapnya.

Selama ini kendalanya adalah banyak warga yang membutuhkan dokumen kependudukan dan warga yang ingin memperbaiki data E-KTP-nya sehingga menumpuk, ditambah lagi sebelumnya ada persoalan kesedian tinta dan ada informasi bisa mencetak E-KTP dalam satu hari. “Saya minta antrean hari ini dituntaskan hari ini juga, kalau perlu sampai malam,”tegasnya. 

Sementara itu Kepala Disdukcapil Kota Bogor Dody Ahdiat mengatakan, fenomena banyaknya yang mengantre ini terjadi bukan hanya di Kota Bogor saja, tetapi terjadi di Kota/Kabupaten di Indonesia dan pihaknya akan mengalihkan pelayanan pendaftaran E-KTP di 6 Kecamatan sesuai instruksi Wali Kota Bogor Bima Arya. 

“Untuk pendistribusiannya akan dilakukan oleh pihak Kelurahan setempat. Di Kecamatan hanya menerima permohonan E-KTP saja,” kata Dody 

Pengambilan E-KTP bisa diambil di Kelurahan selama 14 hari kerja dan bagi E-KTP yang yang tidak bisa di cetak bisa mendatangi kantor Disdukcapil Kota Bogor untuk mendapatkan penjelasan lebih detail dengan membawa surat keterangan yang menerangkan belum dapat dapat di cetak dari pihak Kelurahan. "Kami akan menyediakan satu loket khusus untuk memberikan penjelasan terkait E-KTP yang belum tercetak kepada warga,” tuturnya.
 
Ia meminta pihak Kecamatan mempersiapkan petugas khusus penerimaan pendaftaran pencetakan E-KTP dan menyiapkan tempat yang nyaman bagi warga. Sementara ini sudah ada 800 warga lebih yang mengantre untuk mencetak E-KTP dan akan dituntaskan hari ini, bahkan hingga malam hari.

Dia menjelaskan, kasus yang biasa terjadi E-KTP yang tidak bisa di cetak biasanya menunggu penunggalan data di Kemendagri.  "Sudah ada 13.000 lebih data E-KTP yang sebelumnya tidak bisa dicetak dan sudah dikirim ulang (send for enrollment) ke Kemendagri untuk diverifikasi,” jelasnya.

Bagi warga yang ingin mencetak E-KTP dapat mendatangi kantor Kecamatan dengan membawa persyaratan, seperti fotocopy Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan (Suket), E-KTP yang rusak (bagi yang rusak), surat keterangan hilang dari kepolisian (bagi yang hilang). *(red)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Bigg Boss 12

    Video watch online Bigg Boss Season 12 21st September 2018 Full Episode 6 of Colors ...

    View Article
  • asep

    saya ingin jual ginjal saya karna saya butuh ke uangan yg sangan mendesah .. jika ...

    View Article
  • GBrozavetrov

    Мы предлагаем тебе стать сетевым предпринимателем ...

    View Article