Kebudayaan Negeri Matahari Terbit

By Redaksi 17 Mei 2018, 00:29:05 WIB | dibaca: 78 pembaca 

Kebudayaan Negeri Matahari Terbit

BOGORnews.com ::: Jepang, adalah Negara kecil yang di penuhi oleh penduduk yang sangat padat. Di era yang serba canggih ini, masyarakat jepang tidak pernah melupakan warisan budaya leluhurnya. Inilah negeri matahari terbit dengan segala kebudayaan dan kecanggihan yang berbaur menjadi satu.

Siapa yang tak kenal dengan Jepang. Negeri yang dihiasi oleh daun sakura ketika musim semi ini begitu terkenal sampai ke manca Negara. Tidak heran jika Negara kecil ini mampu untuk memimpin bidang perindustrian dikarenakan masyarakatnya yang etos dalam bekerja. Tak hanya itu, keindahan alamnya menjadikan sebagai salah satu Negara yang wajib untuk dikunjungi oleh berbagai wisatawan.

Orang jepang dianggap sangat kreatif dalam mempromosikan kebudayaan serta kecanggihan. Berbagai cara mereka lakukan untuk mengenalkan dan memberikan informasi apa saja yang ada di negeri pesumo ini, salah satunya dengan anime.

Anime adalah cerita animasi khas Jepang. Kebanyakan anime di tonton oleh para remaja, termasuk remaja Indonesia. Jalan cerita yang disusun secara rapi dan menarik membuatnya disukai oleh setiap remaja. Tak hanya itu, kebudayaan jepang yang selalu melekat di setiap anime menjadikannya suatu ciri yang tak bisa terlepas dari sisinya.

Di Jepang anime tak hanya ditonton oleh remaja saja, namun banyak orang tua yang menonton program hiburan ini. Berbagai judul dan genre yang disediakan, membuat para penikmat anime tak bosan untuk menontonnya.

Tokoh dalam anime diperankan oleh satu orang atau lebih pemeran utama. Dengan jalan cerita yang membuat penasaran, setiap orang yang menonton merasa ketagihan untuk mengikuti berbagai hal yang ada di dalamnya. Terdapat pula kalimat – kalimat bijak dalam setiap adegannya agar membuat para penonton tidak merasa jenuh.

Karena anime begitu mewabah ke berbagai dunia, sering kali diadakan acara cosplay. Cosplay adalah singkatan dari costume player di mana pecinta anime meniru gaya, pakaian, rambut hingga cara berbicara tokoh kesukaannya. Kegiatan ini menjadi begitu populer bagi pecinta anime maupun pembaca komik jepang.

Anime sudah seperti budaya baru yang diciptakan oleh masyarakat Jepang. Hal ini membuat Jepang begitu dikenal oleh para pecinta anime. Tak hanya itu, penonton anime juga menyukai kebudayaan Jepang yang diekspresikan melalui hiburan ini. Inilah salah satu dampak yang dihasilkan oleh tontonan yang menghibur bagi para penikmatnya.

Salah satu anime yang terkenal di dunia adalah Naruto. Anime yang bercerita tentang ninja ini bergitu populer dikalangan remaja bahkan anak-anak. Serial ini diangkat dari manga (komik) naruto dan ditulis oleh Masashi Kishimoto. Anime ini mengundang perhatian orang untuk menikmati dan mengikuti setiap episodenya. Hingga saat ini selalu saja anime naruto disukai oleh banyak orang walaupun cerita versi komiknya telah tamat di bulan November 2014.

Anime juga dapat ditonton melalui situs website yang di sediakan oleh animator – animator jepang. Di Indonesia sendiri anime dapat di tonton melalui TV ataupun internet. Banyak website yang dikelola oleh orang Indonesia untuk menyajikan anime yang ber-subtitle bahasa Indonesia. Hal ini membuat pecinta anime di Indonesia tak begitu repot untuk menontonnya, karena ada banyak cara yang di sediakan dalam menonton serial ini.

Kebudayan baru atau pop culture ini dirasa kian mewabah, bagi para kalangan remaja pada saat ini. bahkan event Jepang diselenggarakan oleh beberapa kampus besar seperti UI (Universitas Indonesia). kegiatan Jepang yang dilaksanakan oleh UI diberi nama gelar Jepang UI (GJ UI) tentunya fakta ini membuktikan bahwa budaya Jepang disukai oleh berbagai kalangan.

Penulis :
Muhammad risky Azhari, Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta

Sumber: Iniotaku.com, Bhinneka.com











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • frank

    Ini adalah untuk menginformasikan publik umum laki-laki atau perempuan yang sehat dan ...

    View Article
  • poinqq

    sudah lama gak jalan"ke bogor, bogor apakabar mas? ada yang baru gak mas di ...

    View Article
  • Joe

    I study this text. I suppose You placed a lot of attempt to create this article. I ...

    View Article


BOGOR WEBSITE