Ini Dia, 10 Ikan Hias yang Jadi Primadona Ekspor

By Redaksi 11 Mei 2018, 20:02:47 WIB | dibaca: 77 pembaca 

Ini Dia, 10 Ikan Hias yang Jadi Primadona Ekspor

BOGORnews.com:::Ikan hias menjadi salah satu penyumbang devisa negara. Keindahan ikan-ikan hias mampu menyumbang 7,5 persen pemasukan  bagi negara. Sehingga pemerintah melalui Menko Kemaritiman menggalakan satu moto, Pembangunan Nasional Ikan Hias di Indonesia. 

"Tak. bisa dipungkiri, budidaya ikan hias merupakan usaha yang paling prospektif diantara bidang pertanian dan peternakan. Ikan Hias menjadi usaha yang paling mendukung bagi kesejahteraan masyarakat, "ujar Peneliti LIPI,  Haryono usai acara di Cibinong,  Bogor,  Selasa (8/7/2018).

Haryono mengungkapkan, budidaya ikan hias bisa dimulai dari skala kecil hingga besar. Mulai dari pengembangan budidaya ikan curang dari beberapa akuarium hingga skala. besar  dengan omzet ratusan juta. 

"Ini menunjukan bahwa budidaya ikan hias merupakan penyumbang devisa negara yang perlu dikembangkan terus karena tidak mengalami flutuasi dibandingkan ikan konsumsi."

"Ikan konsumsi terutama ikan laut ketersediaan senantiasa mengalami pasang surut,  naik turun. Fluktuasi karena pengaruh alam maupun eksploitasi yang dilakukan oleh manusia berupa penangkapan,"imbuhnya. 

Berdasarkan data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada tahun 2015, Indonesia masuk dalam enam negara besar pengekspor ikan hias air tawar dan  3 besar ikan hias laut dunia setelah Sepanyol dan Belanda. 

Ada pun 10 spesies ikan hias yang menjadi primadona ekspor paling menggiurkan adalah ikan Koi dengan jumlah 392 juta ekor/tahun, curang (144,5) , komet (82,1), baster (70,8), platy (62,9), manvis (35), koki (28,7), Mali (27,3), neon tetra (26,9) dan gappy (26,6).

Sementara Provinsi yang paling banyak menghasilkan ikan hias untuk urutan pertama. ditempat oleh Jawa Timur dengan menghasilkan 585,2 juta/ekor/tahun, Jawa Barat (571,9 juta), Kalbar (40,5 juta), Jateng (30,9 juta)  dan DKI Jakarta (22,4 juta). (DimasFery) 











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • frank

    Ini adalah untuk menginformasikan publik umum laki-laki atau perempuan yang sehat dan ...

    View Article
  • poinqq

    sudah lama gak jalan"ke bogor, bogor apakabar mas? ada yang baru gak mas di ...

    View Article
  • Joe

    I study this text. I suppose You placed a lot of attempt to create this article. I ...

    View Article


BOGOR WEBSITE