Helaran HJB Berlangsung Meriah

By Redaksi 12 Agu 2018, 20:14:43 WIB | dibaca: 277

Helaran HJB Berlangsung Meriah




BOGORnews.com ::: Helaran Seni Budaya dan pawai mobil hias yang setiap tahun digelar di Kota Bogor merupakan identitas dan Kebanggaan warga Kota Bogor. Hal ini diungkapkan Wali Kota Bogor Bima Arya saat membuka acara di Air Mancur, Minggu (12/08/2018) pagi. 

Menurut Bima, sejak dirinya bersama Usmar Hariman dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor tahun 2014, sudah empat kali digelar. Mengapa kegiatan ini penting dan perlu dilaksanakan, karena ini merupakan identitas dan kebanggaan Kota Bogor. 

“Meriah helaran meriah pula Kota Bogor,menyaksikan helaran merasakan kebanggaan terhadap Kota Bogor dengan identitasnya yang luar biasa,” ungkap Bima. 

Dia menyebutkan, kedepan siapapun Wali Kota-nya Helaran setiap tahun harus selalu ada dan dilanjutkan. Karena ini kebanggaan, identitas dan karakter warga Kota Bogor. Sebab,  acara ini merupakan tradisi dan budaya yang mempersatukan. Lewat budaya dan tradisi semua bersatu dan bersama. 

“Kita diajarkan dan terus diingatkan bahwa walaupun beragam dan berbeda tetapi ada satu yang mengingat kita, yaitu atas kebanggaan dan identitas kita,” terangnya. 

Budaya hanya akan mempersatukan jika budaya itu bukan hanya sekedar hal yang sifatnya fisik, bukan hanya pamerannya, karnavalnya tetapi budaya hanya mempersatukan kalau nilai-nilainya diyakini dan dilaksanakan. 

“Sebagai orang Sunda Jawa Barat kita jaga nilai-nilai tersebut. Silih asah, silih asih, silih asuh,” katanya. 

Tak hanya itu, mengapa Muspida bersama para tokoh semua berkuda substansinya adalah melambangkan silih asah silih asih dan silih asuh. 

Bima pun mengajak semua masyarakat untuk sama-sama menyiarkan atau membroadcast peristiwa Helaran ini ke seluruh penjuru Nusantara. 

“Kita tunjukkan beragam budaya yang kita punya melalui akun medsos masing-masing. Wilujeng Milangkala Bogor anu ka 536. Dinu Kiwari Ngancik NU Bihari Seja Ayeuna Sampeureun Jaga,” katanya. 

Adapun rute yang dilalui dalam helaran tersebut diawali dari
titik pemberangkatan di Air Mancur-Jl.Sudirman-Jl.Jalak Harupat-Taman Kencana (Finish peserta helaran)-Warung Jambu (Finish mobil hias). 

Helaran diikuti oleh sekitar 1000 orang yang terdiri dari sanggar sanggar kesenian binaaan Disparbud, sekolah/kampus yg memiliki seni helaran, komunitas, SKPD se Kota Bogor, perusahaan Daerah/nasional, hotel dan eestaurant dan kelompok masyarakat dari 6 Kecamatan. (Dimas Ferry)



Video Terkait:







Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Dr Paul

    Do you owe? Do you need to collect cash for health care costs or pay debts or in ...

    View Article
  • Dr Paul

    Apakah Anda berhutang? Apakah Anda perlu mengumpulkan uang tunai untuk biaya perawatan ...

    View Article
  • billyhq1

    My self-controlled describe: http://desi.porn.sexblog.pw ...

    View Article